Pidi Baiq Membuat Perjanjian Dengan Tokoh Asli

Dalam dunia literasi, ada sebuah novel karya oleh Pidi Baiq yang menjadi produk penjualannya laris manis. Hingga kini suara dari kesuksesan novel tersebut sudah dicetak belasan kali sejak pertama novel itu terbit. Tidak lain novel itu adalah Dilan

Novel karya Pidi Baiq itu diwarnai rumor kalau kisah yang ada di novel tersebut itu diambil dari kisah yang dialami oleh orang-orang yang ada di sekeliling Pidi Baiq. Ada juga yang membenarkan hal tersebut itu adalah pentolan dari band The Panas Dalam.

“Ada orang aslinya.”
Pidi Baiq Jakarta Pusat, Kamis, 20/09/2018

1.Kontrak Perjanjian

Pidi Baiq mengingat kalau karakter yang ada didalam sebuah novelnya tersebut itu ada di dunia nyata, Dan karena Pidi Baiq tidak mau ada hal yang tidak diinginkan terjadi, Pidi Baiq pun membuat sebuah perjanjian yang sekaligus ada tanda tangan di atas materai.

“Pasti ada kesepakatan dengan orang-orang yang terlibat. Ada tanda tangan kontrak, di atas materai. Takut nanti (bermasalah).”

2. Tak Ingin Buka Identitas

Pidi Baiq selaku penulis Ia tidak mau membuka identitas yang sebenarnya dari semua tokoh yang ditulisnya. Namun di dunia maya banyak foto-foto yang di duga itu adalah Milea asli dan banyak rumor juga yang mengatakan kalau Dilan itu sebenarnya Pidi baiq semasa SMA

“kadang-kadang saya punya hak untuk tidak menunjukan siapa asli dirinya. Udah, itu biar jadi urusan saya sama orang-orang di dalamnya.”

3. Main Aman Untuk Novel

Pidi Baiq bermain aman ketimbang Ia mendapat sorotan dari banyak pihak. Pidi Baiq mengaku kalau kisah yang ada di seri Dilan itu banyak yang dikurang-kurangi.

“Malah itu tuh dikurangi (cerita dalam novel). Bukan dilebih-lebihkan. Malah kalau sesuai, wah bisa dipersoalkan Mendiknas. Karena ada kisah-kisah tidak pantas diceritakan (di sekolah).”

Tinggalkan komentar